Flashvortex.com

Minggu, 28 April 2013

INILAH 10 GOL TERBAIK RYAN GIGGS DALAM 22 TAHUN KARIRNYA

ryan-giggs_2499300b
(1991-2013) bleacherreport.com - Ryan Giggs merayakan penampilan ke-1000 dalam karirnya ketika ia bermain untuk Manchester United melawan Real Madrid di Liga Champions tiga minggu lalu.
Selama karirnya yang sukses -dan belum pernah terjadi sebelumnya- selama 22 tahun, Giggs telah mencetak 181 gol dalam penampilannya tersebut: 168 untuk Manchester United, 12 untuk Wales dan satu untuk Inggris.
Manakah dari gol-gol tersebut yang masuk dalam 10 Giggs terbaik sepanjang masa? Setelah lima gol dipublikasikan dari paruh pertama karir Giggs, di sini adalah lima yang tersisa dari 11 tahun terakhirnya:
1. Manchester United 3 Blackburn Rovers 1, Premier League, May 1993
Pada hari itu Manchester United merebut gelar juara Liga Premier Inggris untuk pertama kalinya dalam 26 tahun terakhir dan mengangkat trofi Liga Premier di Old Trafford dengan emosional, Ryan Giggs menyumbang gol spektakuler lewat tendangan bebas untuk memberi kemenangan 3-1 atas Blackburn Rovers.
“Saya hanya mencetak satu gol sebelumnya dari tendangan bebas, dalam Cup melawan Brighton, tapi aku melangkah untuk mengambilnya,” ungkap Giggs. “Saya tidak berpikir saya akan mencetak gol karena aku begitu jauh. Aku tidak tahu aku bisa menendang sejauh itu, tapi aku mengarahkannya ke pojok kiri atas gawang dengan kaki kiri saya. Bola menerobos di sekitar dinding hidup, tetapi itu bisa terus melesat karena kekuatan tembakan saya.”
2. Queens Park Rangers 2 Manchester United 3, Premier League, February 1994
Gol ini memamerkan bakat terbaik Ryan Giggs muda, cepat, terampil, dan benar-benar tak kenal takut, ia mengambil bola untuk kemudian mencetak gol, mengalahkan empat pemain QPR dengan pergerakan kaki yang cepat dan keseimbangan sebelum menaklukkan kiper Jan Stejsdal.
“Ini mungkin adalah gol terbaik yang telah yang bisa saya cetak pada saat itu,” kata Giggs. “Saya ingat mengambil bola dari Ray Wilkins, maka beberapa lawan kemudian berusaha merebut bola dariku, tapi aku berhasil melewati mereka dan terus menuju gawang.
“Saya bisa merasakan bahwa aku mungkin mendapatkan peluang terbuka untuk menembak ke gawang dan itu terbukti ketika aku di dalam kotak penalti dan menembak melewati kiper, saya tidak menyadari apakah itu gol yang baik sebelum saya melihat tayangan ulang itu di Match of the Day.”
3. Manchester United 4 FC Porto 0, Champions League, March 1997
Ryan Giggs percaya bahwa ini adalah performa terbesarnya dan termasuk dalam gol terbaiknya juga. Pada leg pertama Perempat Final pertama Manchester United di Piala Eropa sejak 1969 Giggs hampir tak terbendung saat menyingkirkan juara Portugal Porto 4-0.
“Kami memulai dengan cemerlang lewat David May dan Eric Cantona yang memberikan kita keunggulan 2-0 di babak pertama,” kata Giggs.
“Lalu aku dapat mencetak gol ketiga setelah menyelesaikan pergerakan yang hebat. Eric memainkan umpan yang mengagumkan dengan kaki bagian luar, Andy Cole berlari ke arah bola dan kemudian menunggu sampai aku di sampingnya untuk memberikan umpan kepada saya. Aku berada di daerah penalti dan meletakkan kepala saya turun dan mengarahkan itu melewati kiper.”
4. Manchester United 3 Juventus 2, Champions League, October 1997
Pada musim sebelumnya Manchester United sudah dua kali berada pada permainan menurun dan dikalahkan oleh juara Italia Juventus.
“Ketika kami mendapat kesempatan melawan mereka lagi musim berikutnya kami bertekad untuk menunjukkan perbaikan dan menunjukkan bahwa kita bisa bersaing dengan tim-tim terbaik di Eropa.” United membuktikannya dengan berhasil memimpin 2-1 hanya dalam beberapa menit tersisa sebelum Giggs menegaskan kemenangan dengan gol ketiga yang spektakuler.
“Saya mulai lari ke sayap kiri,” kata Giggs. “Teddy Sheringham memainkan umpan yang baik ke arah berlari saya sehingga saya tidak harus berhenti berlari. Aku berlari melewati bek dan kemudian melepaskan tembakan yang kuat melewati Angelo Peruzzi di gawang Juventus ke pojok atas. Aku benar-benar menikmati gol itu.”
5. Manchester United 2 Arsenal 1, FA Cup, April 1999
Menakjubkan! Gol Ryan Giggs dalam laga Replay semifinal Piala FA melawan Arsenal ini bisa dibilang sebagai gol terbaik yang pernah dicetak Ryan Giggs.
Ketika ia menerima salah umpan di tengah lapangan dari Patrick Vieira, skor masih imbang 1-1 di perpanjangan waktu babak kedua di stadion Villa Park, dan United bermain dengan 10 pemain setelah Roy Keane dikartu merah, dan United dihukum dengan tendangan penalti setelah Phil Neville melakukan pelanggaran di kotak penalti.
“Ketika saya mendapat bola saya tidak menyadari aku berada sendirian di tengah lapangan,” kata Giggs. “Pada saat itu, saya pikir saya berjarak sekitar 35 meter.. Itu semua naluri. Tidak ada rekan di depan saya, jadi aku hanya menundukkan kepala dan berlari menuju gawang. Tidak ada cara bagi saya untuk mengumpan.”
“Aku melewatkan tantangan dari Vieira, kemudian Dixon dan Vieira lagi. Saya kemudian di antara Dixon dan Keown, yang tidak ingin melanggar saya karena saya berada di dekat kotak penalti. Aku berhasil melewati mereka untuk memberikan tembakan pada David Seaman, dan saya pikir hanya menendang sekeras yang saya bisa.”
6. Juventus 0 Manchester United 3, Champions League, February 2003
Jika ada masa dimana karir Ryan Giggs sedikit meredup adalah pada pertengahan musim 2002/03.Bahkan ada laporan ia dicemooh oleh fans di Trafford Old yang frustrasi ketika dia diganti dalam pertandingan Piala Liga pada Januari 2003, dan kemudian sebulan kemudian, dia gagal mencetak gol pembuka melawan Arsenal meski gawang dalam keadaan kosong, dimana akhirnya MU tersingkir dari Piala FA.
Tapi Giggs kembali menemukan permainan terbaiknya dalam pertandingan melawan Juventus, dan dengan solo-run mengagumkan yang berakhir dengan gol di Stadion Delle Alpi, telah sanggup membangkitkan kembali kepercayaan kepada Ryan Giggs.
Giggs mengambil bola dekat garis tengah sebelum meluncur mudah melewati tiga bek Juventus dan finishing pelan tapi sangat terarah dengan kaki kanannya melewati Gianluigi Buffon.
7. Manchester United 4 Bolton Wanderers 0, Premier League, August 2003
Ada kekhawatiran di jajaran Manchester United bahwa dengan kepergian David Beckham ke Real Madrid pada musim panas tahun 2003 mereka tidak lagi memiliki ancaman yang berarti dari tendangan bebas.
Tapi pada hari pembukaan musim 2003/04 di pertandingan pertama Liga Premier United tanpa Beckham, Giggs mengingatkan kita bahwa dia memiliki kecemerlangan dalam eksekusi tendangan bebas dengan mencetak gol dari jarak 30 meter.
8. Manchester United 6 Fenerbahce 2, Champions League, September 2004
Gol Ryan Giggs pada laga Liga Champions ini pasti sedikit meredup oleh bayang-bayang kenyataan bahwa dalam pertandingan itu Wayne Rooneh mencetak hat-trick menakjubkan dalam laga debutnya bersama Manchester United.
Tapi gol Giggs itu menunjukkan bakat sempurna undervalued dari Giggs: kemampuan udaranya. Pria Wales itu memenangkan perebutan bola dengan pemain asal Brasil Jose Kleberson untuk menanduk bola melewati kiper Fenerbahce untuk membawa MU untuk sementara memimpin.
9. West Ham United 0 Manchester United 1, Premier League, February 2009
Ryan Giggs harus menunggu sampai usia ke-35 untuk memenangkan penghargaan pribadi pertamanya sebagai pesepakbola, dan gol itu tujuan seperti dapat meyakinkan sesama pemain profesional untuk memilihnya sebagai PFA Player of the Year pada musim ini.
Giggs memecah kebuntuan di menit ke-62 untuk memenangkan United ketika ia menerima bola melebar di sayap kiri sebelum meliuk untuk mengecoh dua pemain lawan dan menembakkan tembakan rendah melewati kiper West Ham Rob Green.
10. Benfica 1 Manchester United 1, Champions League, September 2011
Ini adalah gol brilian yang ditunjukkan Ryan Giggs sekaligus memperpanjang rekornya sendiri sebagai pencetak gol tertua dalam sejarah Liga Champions dengan 37 tahun dan 289 hari.
Benfica telah unggul lebih dulu di babak pertama, tapi Giggs menyamakan kedudukan tiga menit sebelum babak pertama ketika ia menyambut umpan dari Antonio Valencia dan mampu menyarangkan bola dari luar kotak penalti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar